Produk Terlaris 2015 :
Home » » WINE: Prestigious Lifestyle

WINE: Prestigious Lifestyle

Written By Cantik Citra on Thursday, 12 December 2013 | 19:16

anggur

Wine yang dihasilkan dari fermentasi anggur ini, menjadi sajian minuman yang memiliki gengsi dan gaya hidup sendiri.
Wine sendiri dibedakan menjadi old world wine yaitu minuman yang dihasilkan di benua Eropa. Sementara untuk yang dihasilkan di luar benua Eropa dinamakan dengan new world wine.

Wine, sejak pertama kali ditemukan, minuman ini memang menduduki kasta yang cukup tinggi. Bangsa Romawi selalu menyuguhkan minuman ini kepada tamu-tamu penting hingga pesta kenegaraan. Sedangkan dalam agama Nasrani minuman ini cukup disakralkan dan dipergunakan dalam ibadah. Sudah sejak dulu, minuman ini memang seolah menjadi milik kaum ‘atas’ dan menjadi sebuah gaya hidup.

Dave Tumiwa seorang wine expert pun membenarkan hal tersebut. Penemuan ini terjadi di 6000 tahun sebelum masehi di sekitaran Messopotamia, lebih tepatnya di daerah yang saat ini dikenal sebagai negara Iran. Kemudian datanglah bangsa Romawi yang sedang dalam usaha untuk menaklukan daerah-daerah tersebut. Dan bangsa Romawi datang tidak hanya membawa pasukan untuk berperang melainkan juga ahli-ahli tanah dan perkebunan. Dimana akhirnya mereka mempelajari minuman yang ditemukan dan kemudian berusaha mengembangkan dan memproduksi sendiri minuman ini. Selanjutnya wine yang dihasilkan menjadi jamuan khusus di acara-acara kerajaan.

Wine yang bagus adalah Wine yang dihasilkan dari daerah yang memiliki empat musim.

Sejak saat itu, berkembanglah pembuatan jenis minuman ini. Penanaman anggur di dataran Eropa pun semakin meluas. Meski begitu, tingkat keseriusan dalam pengembangan wine ini dilakukan oleh negara Perancis. Namun kemudian, Christopher Columbus membawa minuman ini ke new world yang saat ini dikenal sebagai benua Amerika. Dari situ akhirnya wine sendiri dibedakan menjadi old world wine yaitu minuman yang dihasilkan di benua Eropa. Sementara untuk yang dihasilkan di luar benua Eropa dinamakan dengan new world wine.

Segala faktor yang ada akan memberikan karakter sendiri dari tiap wine yang dihasilkan. Sehingga faktor-faktor sejak planting dilakukan mendapat perhatian yang serius. Pengairan hingga waktu panen menjadi agenda penting bagi para winemaker. Selain itu, faktor tanah, tempat anggur tersebut ditanam, merupakan jadi faktor yang paling penting dari karakter wine yang dihasilkan.
Meski begitu tidak semua hal tersebut menjadi sesuatu yang pasti. Beberapa kasus pernah terjadi ketika pada suatu masa musim salju yang buruk menimpa ladang anggur. Para petani anggur sempat pasrah akan hasil dari anggur yang mengalami kejadian ini. Namun, ternyata justru wine yang dihasilkan dari anggur ini menjadi salah satu yang terbaik dari yang pernah ada. Di Eropa sendiri proses panen anggur ini terjadi pada sekitar bulan September hingga Oktober.

Sementara untuk Australia pada bulan Maret hampir sama dengan negara Chile. Daerah yang cocok untuk menanam wine sendiri sebenarnya adalah daerah-daerah yang berada di 6-18 derajat garis lintang dari ekuator. Daerah tersebut memiliki kecenderungan memiliki iklim serta cuaca yang bagus. Hal inilah yang kemudian menjadi faktor yang berpengaruh pada kualitas anggur yang dihasilkan. Harus diakui bahwa wine yang bagus ratarata dihasilkan dari daerah yang memiliki empat musim. Meski begitu, terdapat pengecualian untuk wilayah Afrika Selatan.

Secara mendasar minuman ini sendiri merupakan fermentasi buah anggur. Namun bukan sembarang anggur yang digunakan, secara spesifik tersebutlah vitis vinifera yang terpilih untuk menghasilkan wine. Dalam pembuatannya sendiri, minuman ini tidak menggunakan penambahan gula atau bahan lainnya. Cairan yang dihasilkan murni dari hasil fermentasi anggur dan ragi. Dalam kemasannya sendiri wine tersimpan dalam kondisi kedap udara.

Wine terbagi menjadi empat macam: Rose Sparkling, White dan Red Wine.

wine

Wine terbagi menjadi empat macam Rosé, Sparkling, White dan Red Wine. Pembagian tersebut berdasarkan jenis anggur yang digunakan dalam pembuatan minuman. Namun untuk yang dua jenis lainnya tidak akan didalami lebih lanjut karena tingkat varian yang begitu luas. Dari ketiga jenis tersebut, white dan red wine merupakan yang lebih banyak dikonsumsi. Kedua jenis anggur tersebut memiliki

variasi lain dengan karakteristik rasa yang berbeda berdasarkan anggur yang digunakan sebagai bahan dasarnya. White wine terdiri dari berbagai jenis seperti Sauvignon Blanc, Chardonnay dan Riesling . Jenis anggur yang digunakan untuk minuman berwarna bening ini adalah buah anggur yang berwarna putih atau kuning. Sementara red wine terdiri dari Pinot Noir, Merlot, Cabernet Sauvignon dan Syrah. Meskipun demikian, sebenarnya klasifikasi buah anggur yang digunakan cukup luas. Namun beberapa jenis yang telah disebutkan merupakan jenis yang cukup populer untuk dikonsumsi. Citra.

Bagikan CantikCitra.com: :

Post a Comment

 
Copyright © 2016. Cantik Citra - All Rights Reserved.
Proudly powered by Google