Produk Terlaris 2015 :
Home » » WINE DI INDONESIA

WINE DI INDONESIA

Written By Cantik Citra on Thursday, 12 December 2013 | 19:36

Wine di Indonesia berkembang sejalan dengan bisnis akomodasi yang menunjukan semakin baik dan meluas.

Anggur di Indonesia

Untuk di Indonesia sendiri perkembangan wine seiring dengan meluasnya hotel-hotel bintang lima yang memiliki french restaurant dan wine lounge.

Awal mulanya sejak tahun 1999 ketika sebuah restoran bernama Margaux berdiri. Dengan adanya tempat tersebut, perkembangan dan pengetahuan akan wine pun semakin berkembang. Alasan utamanya karena pihak restoran tentunya mempelajari wine untuk menyediakan kualitas terbaik dari minuman ini. Namun, saat itu wine belum terlalu familiar, karena yang mengonsumsi minuman tersebut hanyalah para ekspatriat.

Perkembangan wine juga terjadi karena pengaruh perkembangan dari restoran-restoran yang menyajikan fine dining.

Geliat dari masyarakat Indonesia untuk mulai tertarik akan minuman fermentasi anggur ini terlihat di sekitaran tahun 2000. Secara khusus perkembangan ini terlihat dimulai dari Jakarta. Hal ini terlihat dari mulai adanya perkumpulan para pecinta wine. Akan tetapi tidak bisa dipungkiri bahwa perkembangan wine juga terjadi karena pengaruh berkembangnya restoran-restoran yang menyajikan fine dining.

Dengan berkembangnya variasi makanan yang masuk ke Indonesia, maka semakin banyak pula variasi wine yang masuk bebarengan dengan menu-menu makanan tersebut. Misalnya, ketika restoran dengan menu ala Italia semakin berkembang dan meluas. Disaat yang bersamaan dengan itu pihak restoran juga akan mengimpor minuman asal negara tersebut, termasuk winenya. Hal ini sesuai dengan tren yang tengah marak dilakukan di awal tahun 2000-an dimana setiap restoran mengadakan acara wine pairing.

Tingkat konsumsi wine di Indonesia per orang baru 85 ml. Sementara di luar negeri setiap orang sudah memasuki hitungan literan.

wine indonesia

Namun saat ini, menurut Dave Tumiwa, wine sudah memasuki tingkat gaya hidup. “Saat ini orang tidak perlu makan untuk minum wine,” ujarnya menjelaskan. Tapi kemudian secara mendasar ia pun menjelaskan, ada beberapa wine yang memang bisa untuk diminum saja. Sementara beberapa jenis tertentu memang harus diminum sembari menyantap makanan.

wine indonesia

Saat ini, perkembangan wine memang cukup pesat. Jika diukur secara volume memang tingkat konsumsi minuman jenis ini tidak terlalu tinggi. “Tingkat konsumsi wine di Indonesia per orang baru 85 ml. Sementara di luar negeri setiap orang sudah memasuki hitungan literan,” ungkap Dave.

Dengan demikian dapat diambil kesimpulan bahwa dari sekitar 200 juta penduduk Indonesia, hanya dua puluh persennya saja yang mengkonsumsi wine. Meski begitu, angka ini selalu beranjak naik di setiap tahunnya. Kemajuannya cukup pesat mengingat di tahun 2008 kisaran volume yang dikonsumsi hanya sekitar 15ml.

Kota yang paling banyak mengkonsumsi masih sekitar Jakarta dan Bali.

Di Bali sendiri kecenderungannya adalah mengkonsumsi wine jenis white. Sementara di Jakarta lebih menyukai red wine.

Di Asia Tenggara sendiri tingkat konsumsi minuman jenis ini Indonesia masih menjadi yang teratas, bahkan lebih tinggi dari negara tetangga, Malaysia. Sementara kota yang paling banyak mengkonsumsi masih sekitar Jakarta dan Bali. Di Bali sendiri kecenderungannya adalah mengkonsumsi wine jenis white. Sementara di Jakarta lebih menyukai red wine. Namun saat ini, menurut Dave, terjadi sebuah kecenderungan pergerakan konsumsinya lebih banyak ke jenis white wine dari setiap daerah. Citra.

Bagikan CantikCitra.com: :

+ comments + 1 comments

20 October 2015 at 18:56

hi...siapa yang tahu ada event wine atau promo wine di hotel?

Post a Comment

 
Copyright © 2016. Cantik Citra - All Rights Reserved.
Proudly powered by Google